Categories Blog

Bayi Miliki Kemampuan Luar Biasa

Jangan Anggap Remeh, Bayi Memiliki Kemampuan yang Luar Biasa

Putro Agus Harnowo - detikHealth

1. Memahami suasana hati dan emosi

Sebelum bisa bicara, bayi sudah belajar cara mengenali emosi. Dalam penelitian, bayi berusia 5 bulan sudah bisa membedakan lagu yang menyenangkan di antara lagu sedih. Bayi berumur 9 bulan bisa membedakan suara sedih dari lagu Beethoven dengan intro lagu yang menyenangkan. Penelitian ini diterbitkan di jurnal Neuron tahun 2010.

 

2. Pintar menari

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 menemukan bahwa bayi sebenarnya bisa menari sesuai dengan irama lagu. Para peneliti memainkan rekaman musik klasik, lagu yang berirama dan suara percakapan.

Ternyata bayi segera menggerak-gerakkan tangan, kaki dan kepalanya untuk menanggapi musik. Namun bayi tidak banyak bergerak ketika mendengar percakapan. Temuan yang dipublikasikan jurnal Proceeding of National Academy of Sciences ini menunjukkan kemampuan menari merupakan sifat bawaan manusia.

 

3. Meniru tindakan lain

Sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan bahwa ketika anak berumur 9 bulan menonton orang dewasa meraih sebuah benda, daerah motorik di otaknya akan aktif seolah-olah mereka lah yang meraih benda tersebut.

Aktivitas peniruan pada otak ini juga terjadi sesaat sebelum ada tindakan. Setelah itu kemampuan prediktif dapat membantu bayi merespon tindakan lain, misalnya mencegah gerakan dan mengambil mainan. Penelitian ini dimuat dalam jurnal Biology Letters

4. Belajar dengan cepat saat tidur

Bayi ternyata dapat belajar saat tidur. Penelitian tahun 2010 pernah dilakukan terhadap 26 bayi berumur 1 - 2 hari yang sedang tidur. Kesemua bayi diperdengarkan nada musik sambil diberikan embusan udara ke matanya sebanyak 200 kali selama 30 menit.

Sebanyak 124 elektroda menempel pada kulit kepala dan wajah bayi untuk merekam aktivitas otaknya. Ternyata bayi-bayi dengan cepat belajar mengantisipasi embusan udara setelah mendengar nada. Kemampuan belajar saat tidur ini amat penting untuk membantu bayi cepat beradaptasi dengan lingkungan.

5. Pintar menilai karakter

Kemampuan menilai karakter amat penting untuk memilih siapa teman dan siapa kawan. Peneliti dari Yale University melakukan penelitian terhadap bayi berusia 6 - 10 bulan yang diperlihatkan pertunjukan boneka berbentuk mirip manusia.

Salah satu tokoh bertindak membantu tokoh lain mendaki bukit, sementara tokoh lainnya malah mendorong tokoh yang mendaki terjun ke bawah. Para bayi lalu diminta memilih tokoh yang disuka. Ternyata para bayi lebih memilih tokoh yang membantu mendaki bukit.